Rabu, 19 Februari 2014

Sakit Pinggang




SAKIT PINGGANG

Apabila usia kita bertambah dan memasuki usia perak, sakit pinggang sering dialami oleh kebanyakan orang terutama dikalangan wanita. Namun kaum lelaki pun banyak juga yang mengalami sakit pinggang ini.
Sakit pinggang yang disebabkan oleh beban pekerjaan bisa mucul secara tiba-tiba sehabis melakukan pekerjaan berat. Apabila ada orang yang biasanya tidak pernah mengeluh sakit pinggang, mendadak sakit pinggang, kemungkinan pada hari sebelumnya ada yang keliru dalam cara melakukan pekerjaan di rumah.
Cara yang baik dalam mengangkat barang berat yaitu tidak boleh menunduk lalu barang diangkat, melainkan harus berjongkok terlebih dahulu dan baru barang diangkat perlahan-lahan. Pekerajaan ini tidak boleh dilakukan oleh mereka yang pernah ada riwayat sakit pinggang lama yang didiagnosis urat terjepit (hernia nucleous purposes, HNP).
Pada posisi apa pun otot-otot pinggang berkontraksi untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Tulang pinggang menanggung tugas yang berat maka erosi dan degenerasi akan muncul sejalan dengan berjalannya usia. Sakit pinggang dapat bersifat akut atau kronis.  Penyebab umum sakit pinggang bagian bawah adalah sikap tubuh yang salah pada waktu bekerja, kelelahan, tegangan pada punggung, kerja yang berlebihan, dan proses duduk atau bentuk kursi yang kurang baik.  Penyebab lain adalah kegemukan, kehamilan, telapak kaki yang datar, dan memakai sepatu hak tinggi. Dalam keadaan depresi, sakit pinggang yang ringan dapat menjadi lebih berat. Sakit punggung dapat merupakan gejala adanya penyakit batu ginjal. Dalam hal ini juga ditandai kelainan pada air kemihnya.
Sakit pinggang juga bisa manifestasi dari adanya gangguan pada ginjal. Bedanya dengan sakit pinggang umumnya sakit pinggang sebab gangguan ginjal tidak berhubungan dengan posisi dan pergerakan tubuh. Sakit pinggang yang bukan karena gangguan ginjal nyerinya akan bertambah atau berkurang dengan perubahan posisi tubuh atau pergerakan badan. Tidak demikian jika penyebabnya di ginjal. Dengan perubahan posisi tubuh atau tidak, nyeri pinggang tetap dirasakan.
Selain itu sakit pinggang yang disebabkan oleh gangguan ginjal, biasanya disertai dengan perubahan dalam pola berkemih, selain sifat urin sendiri yang tampak tidak normal. Mungkin jadi lebih sering berkemih dan urin berubah lebih kental, mungkin bernanah, kalau bukan merah seperti bekas air cucian daging.  Ginjal yang terganggu biasanya disertai demam kalau infeksi penyebabnya atau mungkin ada riwayat pernah mengalami serangan colic (mulas melilit) kalau ada batu saluran kemih. Dengan cara demikian ragam sakit pinggangnya bisa diketahui apa penyebabnya.
Secara garis besar nyeri pinggang terbagi atas dua jenis, yaitu akut dan kronik. Nyeri pinggang akut biasanya terjadi kurang dari 6 minggu. Nyeri ini kebanyakan disebabkan oleh cedera otot, melakukan aktifitas sehari-hari atau akibat mengangkat beban yang berat.
Nyeri pinggang kronik bisa bertahan hingga 2 bulan dan rasa nyerinya seringkali memberat seiring waktu. Nyeri pinggang kronik memerlukan perhatian khusus karena ada kemungkinan terkait dengan penyakit seperti radang, infeksi, atau osteoporosis. Nyeri pinggang juga busa dipicu oleh faktor lain seperti gangguan pada usus, ginjal, infeksi, tumor, hingga gangguan organ reproduksi wanita.
Pada gangguan ginjal yang sering dihubungkan dengan nyeri pinggang, biasanya disebabkan karena adanya infeksi ginjal dan batu ginjal. Sementara pada masalah organ reproduksi wanita nyeri pinggang biasanya disebabkan karena adanya kista ovarium dan endometriosis.
Tumor, baik jinak maupun ganas juga bisa menyebabkan nyeri pinggang karena tumor yang terjadi didaerah tubuh manapun akan mengalami penyebaran ke tulang pinggang. Kehamilan juga bisa memicu munculnya nyeri pinggang akibat dari tekanan mekanis pada tulang pinggang dan pengaruh dari posisi bayi didalam kandungan.
Nyeri pinggang kronik harus mendapat perhatian serius karena adanya banyak kemungkinan terkait dengan suatu penyakit, seperti : radang, infeksi, atau bahkan osteoporosis. Nyeri pinggang bisa berakibat serius jika tidak ditangani dengan benar. Jangan dibiarkan berlarut-larut, nyeri pinggang bisa menyebabkan pembengkokan tulang belakang.
Sakit pinggang yang serimg dialami ibu hamil yaitu ketika kehamilan memasuki trisemester ketiga dengan rasa nyeri yang sering muncul terutama di punggung, belakang pinggang, panggul hingga ke bagian kaki.
Meningkatnya produksi hormon saat hamil terutama hormon estrogen yang semakin meningkat selama hamil akan mempengaruhi nyeri pinggang terlebih ketika memasuki usia 7 bulan bagian jaringan otot dan persendian akan mengalami perkembangan dan menjadi lebih lentur.
Untuk itu, wanita hamil dilarang mengangkat beban yang berat dan menbungkuk terlalu lama. untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman, miringkan posisi tubuh ke kiri atau ke kanan. Jika rasa sakit tidak hilang, periksalah ke dokter untuk mengetahui apakah ada kelainan pada tulang.

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah gangguan yang sering diderita banyak orang dan hampir seluruh orang di dunia mengalami sakit pinggang. Di Amerika Serikat, sakit pinggang merupakan penyebab kedua mengapa orang berobat ke dokter.
Sakit pimggang memiliki kaitan erat dengan susunan dan fungsi tulang belakang hingga ke tulang ekor. Tulang belakang atau punggung memiliki ruas tulang yang membentuk satu-kesatuan yang berfungsi untuk tubuh ketika berdiri, duduk, dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tulang belakang juga memiliki titik tulang syaraf yang akan membentuk lengkungan apabila terjadi gesekan antara tulang.
Sakit pinggang yang berawal dari adanya gesekan yang cukup keras, hingga menyebabkan tarikan, robekan atau tekanan yang cukup tajam pada tulang punggung bagian belakang hingga ke pinggang sehingga menimbulkan rasa nyeri pinggang. Sakit pinggang akan semakin dirasakan ketika kita terlalu lama membungkukkan badan.
Beberapa penyebab sakit pinggang :
1. Ada gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang
2. Posisi atau gerak tubuh yang salah hingga mengakibatkan urat dan tulang belakang terjepit dan menimbulkan nyeri pinggang
3. Terlalu sering membawa atau mengangkat beban berat
4. Pada wanita, juga dapat ditemukan sakit pinggang akibat menggunakan sepatu berhak tinggi terlalu lama, sehingga membebani kaki dan pinggang.
5. Posisi tidur yang salah atau alas tidur yang terlalu tipis tidak sesuai dengan tinggi badan.
6. Kurang berolahraga yang dapat menggerakkan otot-otot tubuh dan kelenturan sendi-sendi. Sehingga otot dan sendi tubuh mudah mengalami cidera dan sakit.
Terkadang sakit pinggang juga selalu dihubungankan dengan penyakit ginjal yang disebabkan oleh kurangnya asupan air putih mineral yang cukup untuk tubuh.

TERAPI LINTAH PURBA KEBUMEN


Mebantu mengobati penyakit ini
Informasi lengkap lihat GALERI dan KONTAK