Rabu, 19 Februari 2014

Mudah Lelah



MUDAH LELAH
Apabila Anda sudah cukup tidur (selama 8 jam sehari) namun masih merasa lelah, berhati-hatilah. Terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti :
  • Kepala Pusing(memutar)
  • Pandangan Kabur
  • Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba
  • Badan atau kaki bengkak
  • Susah BAB
  • Insomnia
  • Depresi
Beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah adalah :
a.       Penyakit Celiac
Yaitu suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac lainnya yaitu : diare, anemia dan penurunan berat badan.
b.      Anemia
Yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi.
Hal ini biasanya menyerang wanita yang sedang hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot.
c.       Chronic fatigue syndrome
Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi dimana seseorang sering mudah lelah dan parah yang berlangsung selama minimal 6 bulan.
Biasanya disertai dengan gejala lain seperti nyeri tenggorokan, nyeri otot dan persendian serta nyeri kepala.
d.      Sleep Apnea
Yaitu kondisi dimana terjadi penyempitan tenggorokan dan menutup selama tidur dan dapat mengganggu pernafasan sehingga dapat menyebabkan tidur mendengkur / mengorok dan penurunan kadar oksigen dalam darah.
Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah terbangun dan merasa lelah keesokan harinya.
e.       Underactive thyroid
Kadar hormon tiroid yang rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan Anda mudah lelah, peningkatan berat badan dan nyeri otot.
f.        Diabetes
Salah satu gejala utama penyakit diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi adalah mudah lelah.
Gejala lainnya antara lain sering buang air kecil, mudah haus dan penurunan berat badan.
g.       Glandular fever
Glandular fever adalah infeksi virus yang sering menyebabkan gejala mudah lelah, demam, nyeri tenggorok dan pembengkakan kelenjar.
h.       Depresi
Depresi juga dapat menguras energi Anda, susah tidur dan merasa lelah keesokan harinya.
i.         Restless legs syndrome
Hal ini biasa menyebabkan Anda merasakan sensasi yang tidak nyaman pada tungkai, kesulitan untuk mencegah gerakan involunter pada tungkai atau tungkai bergerak dengan sendirinya di malam hari.
j.        Gangguan cemas
Pada beberapa orang, hal ini terjadi secara konstan, merasa mudah cemas, gugup atau gelisah tanpa adanya alasan yang jelas.
Hal ini akan mengganggu aktivitasnya sehari-hari dan menyebabkan Anda menjadi mudah lelah.

Makanan Yang Perlu Diperhatikan

Kafein, alkohol, dan junk food lah yang paling berkontribusi menyebabkan kelelahan. Dan makanan yang paling baik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menjalankan pola diet seimbang dan sehat setiap hari.
Makanan yang wajib dihindari jika Anda mengalami kelelahan akut adalah makanan pedas. Terutama jika Anda mengkonsumsinya dekat dengan jam tidur, itu bisa mengganggu tidur Anda dikarenakan gangguan pencernaan dan heartburn .
Namun makanan yang kaya serat, seperti buah dan sayuran, justru membantu Anda menyerap gula alami ke dalam tubuh. Serat bahkan mampu mengontrol energi dalam tubuh.
Hal penting lainnya adalah mengkonsumsi banyak air putih. Jika Anda dehidrasi, tubuh Anda tidak akan bekerja dengan baik dan Anda akan mudah lelah.
Makanan lain yang dianjurkan adalah makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti seafood, kacang-kacangan, dan sayuran. Selain itu, yang mengandung vitamin B (telur, daging tanpa lemak, dan produk susu lainnya).
Yang Sebaiknya Dilakukan
Jangan memaksakan diri untuk terus “bekerja” dengan energi Anda yang terbatas itu. Untuk itu, buatlah prioritas, mana yang sangat penting untuk dilakukan atau dikerjakan setiap hari.
Selain bisa mengatasi rasa lelah sedikit demi sedikit, Anda juga terhindar dari stres dan perasaan tidak nyaman.


Membangun Kediaman Hati

“Rumah adalah cerminan jiwa pemiliknya,” Ralph Waldo Emerson pernah menulis. Dua abad kemudian, dengan kemajuan teknologi dan perbedaan yang telah terjadi, kata-kata pemikir dari AS itu rasanya masih relevan juga.



Tubuh yang mudah lelah ternyata menjadi sinyal adanya ketidakberesan tubuh. Jangan asal kasih balsam dan menganggap masalah selesai setelahnya. Sebaiknya segera cari tahu penyebabnya dan lakukan pengobatan secepatnya.

Rendahnya tingkat zat besi, vitamin D, dan B1 2 jugadapat membuat Anda mudah menjadi lelah, cemas dan lemah.

"Kurangnya vitamin D dapat menyebabkan kelemahan otot dan rasa sakit. Juga, jika seorang wanita di usia reproduksi berisiko besar mengalami anemia karena defisiensi zat besi," jelas Irene Park, praktisi perawat di New York City.

Rasa lelah yang terus menerus bisa juga berkaitan dengan masalah pada kelenjar tiroid yang berfungsi mengatur metabolisme dan suplai energi Anda.
Kelenjar adrenal memproduksi hormon yang bertanggung jawab mengatur proses fisiologi dalam tubuh. Stres mempengaruhi kelenjar adrenal dalam tubuh. Jadi, orang-orang yang merasa stres sepanjang waktu menyebabkan kelelahan adrenal. Dan pada gilirannya mengalami kelelahan fisik yang ekstrim.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan. Oleh karena itu, jangan malas minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Boleh juga memilih lebih banyak memakan makanan tinggi serat yang mampu menyerap air.

Kepekaan terhadap makanan dan efek sampingnya juga dapat menyebabkan kelelahan. "Intoleransi laktosa, misalnya, dapat menyebabkan diare, yang akhirnya muncullah dehidrasi," jelas Bonnie Taub - Dix, ahli diet di New York City.

TERAPI LINTAH PURBA KEBUMEN


Mebantu mengobati penyakit ini
Informasi lengkap lihat GALERI dan KONTAK