Rabu, 19 Februari 2014

Darah Rendah



Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Tekanan darah adalah kekuatan yang digunakan oleh darah yang bersirkulasi pada dinding-dinding dari pembuluh-pembuluh darah, dan merupakan satu dari tanda-tanda vital yang utama dari kehidupan, yang juga termasuk detak jantung, kecepatan pernapasan, dan temperatur. Tekanan darah dihasilkan oleh jantung yang memompa darah kedalam arteri-arteri dan diatur oleh respon oleh arteri-arteri pada aliran darah.
Tekanan darah perorangan dinyatakan sebagai tekanan darah sistolik/diastolik, misalnya, 120/80. Tekanan darah sistolik (angka yang diatas) mewakili tekanan pada arteri-arteri ketika otot jantung berkontraksi dan memompa darah kedalamnya. Tekanan darah diastolik (angka yang dibawah) mewakili tekanan pada arteri-arteri ketika otot jantung mengendur (relax) setelah berkontraksi. Tekanan darah selalu lebih tinggi ketika jantung sedang memompa daripada ketika  sedang mengendur (relax).
Tekanan darah sistolik untuk kebanyakan kaum dewasa sehat adalah antara 90 - 120 milimeter air raksa (mm Hg). Tekanan darah diastolik normal jatuh antara 60 - 80 mm Hg. Petunjuk-petunjuk sekarang ini menentukan tekanan darah normal lebih rendah dari 120/80. Tekanan darah diatas 130/80 dipertimbangkan tinggi. Tekanan darah tinggi (Hipertensi) meningkatkan resiko terjadinya :
Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah tekanan yang begitu rendah yang menyebabkan gejala-gejala yang disebabkan oleh aliran darah yang rendah melalui arteri-arteri dan vena-vena. Ketika aliran darah terlalu rendah untuk menyerahkan oksigen dan nutrisi yang cukup pada organ-organ vital seperti otak, jantung, dan ginjal, organ-organ tidak berfungsi secara normal dan mungkin rusak secara permanen.
Tidak seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah ditentukan terutama oleh tanda-tanda dan gejala-gejala dari aliran darah yang rendah dan tidak oleh angka tekanan darah yang spesifik. Beberapa individu mungkin mempunyai tekanan darah 90/50 dengan tanpa gejala-gejala  tekanan darah rendah dan oleh karenanya tidak mempunyai tekanan darah rendah.
Secara umum tekanan darah rendah bukanlah suatu penyakit dan tidak akan menyebabkan kematian. Bahkan, orang yang tekanan darahnya rendah cenderung berusia lebih panjang daripada yang tekanan darahnya tinggi, Sebagian orang bertekanan darah rendah disebabkan oleh gizi makanan yang kurang. Namun sebenarnya, penyebab utamanya adalah makanan yang dimasak dan yang telah diporses hingga kandungan gizinya hilang.
Penderita tekanan darah rendah ditandai dengan adanya rasa lemah dan gampang lelah, kepala sering pusing, napas pendek, tidak dapat berkonsentrasi, dan sering mengalami gangguan pencernaan. Meskipun demikian, semua tanda-tanda itu bukan semata-mata disebabkan oleh tekanan darah rendah, karena tekanan darah rendah itu sendiri kemungkinan juga disebabkan oleh penyakit lainnya. Penderita tekanan darah rendah perlu diberi minuman sari sayuran segar yang dapat dengan cepat membentuk butir-butir darah merah.
Darah rendah (hipotensi) berbeda keadaannya. Mutu sel darah merahnya normal dan tidak ada unsur darah yang kurang, namun tekanan pemompaan darah oleh jantung yang melemah. Karena normalnya tekanan darah seseorang adalah 120/80 mmHg. Bila tekanan darah berada di bawah nilai normal, dinilai sebagai darah rendah atau hipotensi.
Sebagian orang bertekanan darah rendah disebabkan oleh gizi makanan yang kurang. Cara untuk menyembuhkan tekanan darah rendah juga terbilang mudah. Hanya dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, misalnya sate, kacang hijau, dll. Kemudian si penderita penyakit ini diwajibkan banyak istirahat dan menenangkan pikiran.
Pengobatan tekanan darah rendah dapat dilakukan dengan cara :
  1. Makan makanan yang bergizi sampai kenyang
  2. Tidur cukup dengan cara kepala lebih rendah dari kaki (posisi kaki lebih tinggi daripada posisi kepala)
  3. Selalu minum minuman dingin
  4. Minum kopi dingin sangat membantu cara kerja jantung
  5. Hindari kerja fisik yang berat.
Tekanan darah harian manusia berfluktuasi naik-turun dari jam ke jam sesuai kebutuhan. Di dalam pembuluh darah  leher (carotid artery) terdapat pusat pengendali tekanan darah (barorecptor) yang mengatur akan menaikkan bia tekanannya meninggi. Pengaturan ini bekerja dengan otomatis. Darah rendah tidak sama dengan kurang darah. Bukan kualitas darahnya yang rendah, melainkan tekanan jantung memompakan darah yang lebih rendah dari normal. Kita menyebutnya hipotensi.

Darah Rendah Pada Ibu Hamil

Ada dua alasan dari hipotensi (tekanan darah rendah) selama kehamilan. Hipotensi bisa disebabkan oleh membesarnya rahim yang menyebabkan aorta dan vena cava tertekan. Keadaan ini disebut dengan impotensi supine dan terjadi jika anda berbaring. Keadaan ini bisa dihilangkan atau dicegah dengan tidak tidur atau berbaring pada posisi terlentang.  
Penyebab hipotensi yang kedua adalah bangun terlalu cepat dari posisi duduk, berlutut atau jongkok. Keadaan ini disebut hipotensi postural. Tekanan darah anda turun sewaktu anda berdiri dengan cepat dan darah meninggalkan otak karena gaya tarik bumi. Pengobatannya berdiri perlahan-lahan dari posisi duduk atau berbaring.
Jika anda menderita anemia, keadaan ini juga dapat membuat anda pingsan atau letih atau anda mudah merasa lelah. Hemotokrit anda akan diperiksa secara teratur selama kehamilan. Dokter akan memberitahu masalah ini jika anda mengalaminya.
Kehamilan juga mempengaruhi kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) atau kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia) dapat membuat anda merasa pusing atau pingsan. Banyak dokter secara rutin mengetes wanita hamil untuk mencari adanya masalah gula darah selama kehamilan, terutama jika mereka mengalami masalah pusing-pusing. Masalah ini dapat dihindari atau diperbaiki dengan  diet yang seimbang, tidak melewatkan waktu makan dan tidak terlalu lama berperut kosong.
Darah rendah adalah penyakit yang disebabkan oleh kemampuan jantung yang rendah sehingga darah tidak mampu mencapai organ otak. Jantung berdetak cepat, tetapi denyutnya sangat lemah sehingga darah tidak mampu naik ke otak dalam jumlah yang mencukupi. Karena otak tidak mendapatkan darah yang cukup energi, kepala terasa pusing dan badan lemah. Penderita golongan darah rendah cenderung mengantuk dan rata-rata penderita berwajah dan berkulit pucat. Ia terkesan bodoh serta tak bersemangat. selain itu, penderita tekanan darah rendah mudah pingsan.
Darah rendah juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon, pelebaran pembuluh darah, efek samping obat, anemia, hati dan endokrin masalah.
Darah rendah bisa juga diderita oleh anak kecil (karena sakit panas tinggi) ataupun oleh orang dewasa (karena kelelahan fisik yang berkepanjangan).
Gejala-gejala tekanan darah rendah :
-          Sering mengantuk
-          Kepala pusing, lelah, mudah kesemutan
-          Sering keluar keringat dingin
-          Sering keluar keringat dingin
-          Selera makan kurang
Beberapa orang yang menderita darah rendah, cenderung lebih sering minum secangkir kopi hangat yang disinyalir dapat membantu meningkatkan tekanan darah rendah yang muncul secara tiba-tiba.

TERAPI LINTAH PURBA KEBUMEN


Mebantu mengobati penyakit ini
Informasi lengkap lihat GALERI dan KONTAK